Frequently Asked Questions

Berikut adalah tanggapan atas beberapa pertanyaan tentang SSCASN DIKDIN 2021 yang berhasil dikelompokkan, antara lain:

Pertanyaan Seputar Pengertian

  • Perguruan tinggi kedinasan yang memiliki ikatan dengan lembaga pemerintah sebagai penyelenggara pendidikan.
  • Badan Pusat Statistik (STIS)
  • Badan Siber dan Sandi Negara (Poltek SSN)
  • Kementerian Hukum dan HAM (POLTEKIP dan POLTEKIM)
  • Kementerian Dalam Negeri (IPDN)
  • Kementerian Perhubungan (STTD dan 10 Sekolah Tinggi , Poltek serta Akademi lainnya)
  • Badan Intelijen Negara (STIN)
  • Kementerian Keuangan (PKN STAN)
  • Badan Meterologi, Kilmatologi dan Geofisika (STMKG)
  • Politeknik Ilmu Permasyarakatan
  • Politeknik Imigrasi
  • Politeknik Transportasi Darat Indonesia (PTDI-STTD)
  • Politeknik Perkeretaapian Indonesia Madiun
  • Politeknik Keselamatan Transportasi Jalan Tegal
  • Politeknik Transportasi Sungai Danau Penyeberangan Palembang
  • Politeknik Transportasi Darat (POLTRADA) Bali
  • Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran Jakarta
  • Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar
  • Politeknik Pelayaran Surabaya
  • Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang
  • Politeknik Pelayaran Sumatera Barat
  • Politeknik Pelayaran Banten
  • Politeknik Pelayaran Malahayati Aceh
  • Politeknik Pelayaran Barombong
  • Politeknik Penerbangan Indonesia Curug
  • Politeknik Penerbangan Makassar
  • Politeknik Penerbangan Medan
  • Politeknik Penerbangan Surabaya
  • Politeknik Penerbangan Jayapura


Pertanyaan Seputar Pembayaran

  • Kode Pembayaran yang harus dibayarkan dan diperoleh jika peserta dinyatakan lulus administrasi dan peserta diwajibkan memperhatikan kembali syarat-syarat Sekolah Kedinasan terkait pembayaran Kode Billing.
  • Kode Billing didapatkan jika peserta dinyatakan lulus tahap verifikasi berkas.
  • Kode billing bisa dilihat dengan cara Log In pada Aplikasi SSCN Sekolah Kedinasan kemudian ke menu Resume Pendaftaran.
  • Kode Billing dapat dibayarkan ke gerai ATM dengan memilih menu Pembayaran/Transaksi Lainnya sesuai dengan Bank yang tersedia
  • Masukkan kartu ATM dan Pilih Bahasa Indonesia
  • Masukkan PIN ATM
  • Pilih menu Transaksi Lainnya
  • Pilih menu pembayaran
  • Pilih menu MPN
  • Masukkan 15 digit kode pembayaran billing kemudian pilih benar
  • Selanjutnya akan muncul informasi jumlah pembayaran. Jika sudah benar, kemudian tekan YA
  • Anda dapat menunggu verifikasi pembayaran dalam waktu 3X24 jam, kemudian cek kembali status pembayaran Anda.
  • Anda dapat melaporkan pada aplikasi Helpdesk, pada menu Aduan Instansi.


  • Pertanyaan Seputar Pendaftaran

    • Identitas diri, alamat email aktif, data orang tua dan nilai rapor dan persyaratan lain yang di perlukan dari masing-masing sekolah kedinasan.
    • Silahkan untuk mengunjungi website sekolah ataupun website instansi yang ingin dilamar untuk mengetahui persyaratan yang harus dipenuhi.
    • Pendaftar hanya boleh mendaftar pada 1 (satu) Sekolah dan 1 Jurusan di Sekolah Kedinasan yang dilamar.
    • Data bisa diubah selama pendaftar belum klik 'Akhiri Pendaftaran' pada Resume Pendaftaran.
    • Untuk persyaratan khusus berbeda untuk masing-masing sekolah, untuk itu pendaftar bisa mengacu pada website sekolah terkait.
    • Apabila terdapat ketidaksesuaian data antara NIK dan Nomor Kartu Keluarga (KK) / NIK Kepala Keluarga, silahkan mengajukan permohonan perbaikan data ke Kantor DUKCAPIL setempat sesuai alamat KTP dan DUKCAPIL PUSAT untuk melakukan perbaikan data sesuai dengan dokumen resmi yang Anda miliki.
    • Kontak DITJEN DUKCAPIL PUSAT dapat dilihat pada tautan berikut http://dukcapil.kemendagri.go.id/contact Layanan Helpdesk Ditjen Dukcapil (Call Center : 1500537).
    • Untuk pelamar yang berusia dibawah 17 tahun bisa mengupload Kartu Keluarga (untuk swafoto juga menggunakan Kartu Keluarga).


    Pertanyaan Seputar Unggah Dokumen

    • Pastikan ukuran file dan jenis file yang akan di upload tidak melebihi dari batasan masing masing dokumen yang dipersyaratkan di SSCN Sekolah Kedinasan 2021. Apabila melebihi dari batasan ukuran yang ditetapkan, maka secara otomatis file atau dokumen yang anda upload akan ditolak.
    • Pastikan ukuran file dan jenis file yang akan di upload tidak melebihi dari batasan masing masing dokumen yang dipersyaratkan dalam aplikasi SSCN Sekolah Kedinasan 2021.
    • Pas Foto ( 200 Kb; JPG)
    • KTP ( 200 Kb; JPG)
    • Ijazah ( 700 Kb; PDF)
    • Transkrip ( 400 Kb; PDF)
    • Rapor ( 500 Kb; PDF)
    • Dokumen Lainnya ( 1 MB; PDF)
    • Bukti Bayar ( 200 Kb; JPG)
    • Surat Pernyataan ( 700 Kb; PDF)
    • Surat Lamaran ( 400 Kb; PDF)
    • Surat Keterangan ( 500 Kb; PDF)
    • *Seluruh File yang diupload disesuaikan kembali dengan persyaratan sekolah masing-masing
    • Bersihkan riwayat pelacakan, cache, cookies, gunakan koneksi internet yang cukup stabil, gunakan koneksi internet yang menyediakan space bandwith cukup sehingga dalam pengiriman file atau berkas tidak mengalami kendala.
    • Dokumen yang sudah di upload dapat di upload ulang selama belum klik resume. Anda harus berhati-hati dalam mengunggah dokumen dan pastikan sesuai dengan persyaratan, cek ulang kembali sebelum melakukan proses upload.


    Pertanyaan Seputar Log In dan Koneksi

    • Silahkan akses website Helpdesk SSCN Sekolah Kedinasan 2021 kemudian pilih menu Lupa Password dan lengkapi form isian tersebut.
    • Silahkan akses website Helpdesk SSCN Sekolah Kedinasan 2021 kemudian pilih menu Lupa Jawaban Pengaman-1 dan lengkapi form isian tersebut.
    • Silahkan akses website Helpdesk SSCN Sekolah Kedinasan 2021 kemudian pilih menu Lupa Jawaban Pengaman-2 dan lengkapi form isian tersebut.
    • Silahkan akses website Helpdesk SSCN Sekolah Kedinasan 2021 pada menu Cek Status Tiket lalu masukkan kembali nomor tiket anda dalam waktu 2x24 jam
    • Silahkan akses website Helpdesk SSCN Sekolah Kedinasan 2021 pada menu Pengaduan PTK dan lengkapi form isian tersebut.
    • Silahkan Hubungi call center SSCN Sekolah Kedinasan kemudian pilih menu Layanan Call Center
    • Pastikan koneksi internet Anda dalam kondisi stabil. Pastikan layanan internet yang digunakan mempunyai cukup bandwidth. Pastikan Browser yang digunakan adalah yang terbaru.
    • Sebelum mengisi Pendaftaran, pastikan koneksi internet Anda dalam kondisi stabil. Data yang telah diisi tetapi belum di klik Simpan (Selanjutanya) tidak akan tersimpan. Refresh browser yang Anda gunakan lalu ulangi proses pendaftaran.


    Pertanyaan Seputar Kartu Ujian

    • Lakukan clear history/bersihkan riwayat pelacakan, cache, cookies kemudian refresh browser Anda dengan tekan (CTRL + F5)
    • Silahkan lakukan Log In pada Aplikasi SSCN Sekolah Kedinasan dengan menggunakan NIK dan password yang telah Anda daftarkan pilih menu Resume Pendaftaran jika sudah selesai melakukan pendaftaran.
    • Jika Anda telah dinyatakan lulus seleksi administrasi, melakukan pembayaran Kode Billing dan telah diverifikasi maka Anda dapat mencetak Kartu Ujian dengan masuk ke halaman Log In ke portal SSCN Sekolah Kedinasan.